Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Pengertian Array

Di kehidupan sehari-hari terkadang kita harus berurusan dengan data yang bertipe sama seperti nama orang, nomor induk siswa, nomor induk pegawai, dan lain sebagainya. Kelompok-kelompok ini dapat secara mudah direpresentasikan dalam bentuk array. Array merupakan struktur data yang paling efisien untuk menyimpan dan mengakses urutan dari objek. Setiap objek dalam array disebut elemen array.

Pengertian Array
Pengertian Array - Sumber gambar dari w3schools.com

Pengertian Array

Dalam pemrograman Java, array adalah objek dinamis yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung sejumlah nilai konstan dari jenis yang sama.
int[] a = {1,2,3};
int adalah tipe data
a adalah nama variabel
1,2,3 adalah nilai-nilai dari array a

Dalam pemrograman PHP, array adalah variabel yang menyimpan lebih dari satu bagian dari data yang terkait dalam satu variabel.
$variable_name[n] = value;
$variable_name = array(n => value, …);
"$variable_name" adalah nama variabel
"[n]" adalah nomor akses indeks dari elemen
"value" adalah nilai yang diberikan ke elemen array.

Definisi: Dalam matematika, sebuah array mengacu pada satu set angka atau benda yang akan mengikuti pola tertentu.

Dalam penyimpanan data, array adalah metode untuk menyimpan informasi pada beberapa perangkat. Pada umumnya, array adalah data yang diatur dalam beberapa cara tertentu.

Dalam Random Access Memory (RAM), array adalah susunan dari sel-sel memori.

Dalam bahasa pemrograman komputer, sebuah array adalah sekelompok objek dengan atribut yang sama yang dapat ditangani secara individual, menggunakan teknik seperti subscripting.

Kesimpulan
Array adalah sekumpulan data bertipe sama yang disimpan ke dalam variabel dengan predikat yang sama, dengan memberi penanda (indeks) pada variabel untuk membedakan data satu dengan data yang lain. Fungsi dari array adalah digunakan untuk menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel.

0 komentar :

Posting Komentar