Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Pengertian Java

Pengertian Java - Java adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang memungkinkan programmer (orang yang membuat program) dapat memberi instruksi pada komputer. Java juga dapat didefinisikan sebagai suatu nama sekumpulan teknologi yang berfungsi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer. Kebanyakan dari programmer lebih suka menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibandingkan dengan hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java itu lebih lengkap dibandingkan dengan semua bahasa pemrograman konvensional.

Pengertian Java

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman dan platform komputasi yang pertama kali dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Ada banyak aplikasi dan situs yang tidak akan bekerja jika tidak ada perangkat lunak Java pada komputer kita. Java itu cepat, aman, dan handal. Dari laptop untuk pusat data, konsol game untuk superkomputer ilmiah, ponsel ke internet, Java ada di mana-mana.

Pada awal tahun 1991 sampai dengan musim panas tahun 1992 merupakan waktu pertama lahirnya bahasa pemrograman Java. Pada awalnya proyek pembuatan bahasa pemrograman Java itu bernama Oak. Lalu, mengapa tidak dipakai untuk versi Java yang dipublikasikan? Karena merk dagang perangkat lunak dengan nama Oak sudah terdaftar. Sehingga muncullah nama baru, yaitu Java. Nama ini diambil dari nama kopi murni yang diproses langsung dari bijinya, atau istilah kitanya itu kopi tubruk.

Java, pada tahun 2012, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, terutama untuk aplikasi web client-server, telah dilaporkan hingga 9 juta pengembang yang ada di dunia. Java pada awalnya dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (sekarang telah bergabung ke Oracle Corporation) dan dirilis sebagai komponen inti dari platform Java Sun Microsystems. Bahasa Java berasal banyak dari sintaks C dan C++, tetapi memiliki fasilitas yang lebih sedikit daripada salah satu dari bahasa-bahasa tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar