Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Pengertian SQL

Pengertian SQL - Kepanjangan dari SQL adalah Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Pengertian SQL, SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau mengambil data dari database. Beberapa sistem manajemen database relasional umum yang menggunakan SQL adalah: Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres, dan lain-lain.

Pengertian SQL

Pengertian SQL

Pada bulan Juni tahun 1970, seorang peneliti dari IBM yang bernama EF Codd membuat artikel yang membahas mengenai ide pembuatan basis data relasional. Kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data dibahas juga pada artikel tersebut. Nama bahasa tersebut pada waktu itu adalah SEQUEL (Structured English Query Language).

IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL setelah terbitnya artikel tersebut. Akan tetapi, karena adanya permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM mengubahnya menjadi SQL.

Perusahaan yang bernama Oracle membuat database server yang populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya pada akhir tahun 1970-an. Dengan naiknya kepopuleran Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.

Semoga artikel pengertian SQL ini dapat bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar