Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Cara Mengetahui IP Address Website

Cara Mengetahui IP Address Website - Setiap website di Internet setidaknya memiliki satu Internet Protocol (IP) address. Mengetahui IP address website dapat berguna untuk dapat menentukan lokasi situs web tersebut, tetapi alamat ini tidak secara otomatis ditampilkan dalam browser Web. Bagaimana cara untuk dapat melihat alamat IP dari suatu situs web?

Cara Mengetahui IP Address Website

Ada banyak cara untuk melihat atau mengetahui IP address sebuah website. Berikut adalah cara mudah untuk mengetahui alamat ip website.

Pertama, Anda dapat menggunakan fasilitas ping di cmd (Command Prompt) untuk mencari IP address website. Ping mencoba untuk menghubungi situs web berdasarkan nama domain dan akan menampilkan alamat IP yang ditemukan.
Caranya:
1. Pastikan Anda terkoneksi dengan internet.
2. Buka CMD, dengan cara tekan logo Windows+R.


3. Ketik "cmd" (tanpa tanda kutip), kemudian tekan Enter.
4. Setelah muncul command prompt nya, tulis ping diikuti dengan nama website.
Contoh: misalnya untuk mencari alamat IP dari carawebs.info, maka masukan perintah:
ping carawebs.info

Cara Mengetahui IP Address Website

Alamat IP akan muncul pada baris pertama dari output (seperti gambar yang diberi tanda pada gambar di atas), serta beberapa kali muncul pada baris berikutnya.

Metode ping akan gagal jika situs Web untuk sementara tidak terjangkau atau jika komputer yang digunakan untuk melakukan ping tidak terhubung ke Internet.

Cara Mengetahui IP Address Website

Kedua, bisa menggunakan layanan online. Suatu metode alternatif untuk menemukan IP address website bisa menggunakan sistem WHOIS Internet. WHOIS adalah database yang melacak informasi pendaftaran untuk situs Web termasuk pemilik dan alamat IP.

Untuk mencari ip address suatu situs Web dengan WHOIS, cukup kunjungi salah satu dari sekian banyak situs (seperti who.is atau whois.domaintools.com) yang menawarkan layanan query database WHOIS. Kemudian masukan nama domain/website yang ingin kita lihat alamat ip nya. Maka akan muncul rincian website tersebut.

Dalam metode WHOIS ini, bahwa alamat IP disimpan dalam database sehingga jika situs web yang ingin kita lihat ip address nya down alias sedang tidak dapat dikunjungi, kita akan tetap bisa melihat alamat ip nya. Karena sebelumnya data tersebut sudah tersimpan di database.

0 komentar :

Posting Komentar