Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Selasa, 27 Mei 2014

Pengertian OOP : Apa itu OOP

Pengertian OOP : Apa itu OOP - Apa yang dimaksud dengan OOP (Object Oriented Programming)? Pemrograman Berorientasi Objek atau dikenal dengan Object Oriented Progamming disingkat OOP adalah suatu teknik atau metode pemrograman yang berorientasi pada objek.

Bahasa pemrograman yang telah mendukung konsep OOP yaitu keluarga .NET dari Microsoft (Visual J, Visual C# dan VB .NET), PHP versi 5 ke atas, Java, C++, Borland Delphi dan lain sebagainya.

Apa itu OOP

Object Oriented Programming (OOP) mendukung empat sifat objek tertentu yang disebut abstraction, polymorphism, inheritance, dan encapsulation.
  1. Abstraction (Abstraksi)
    Abstraksi adalah prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya.
  2. Polymorphism (Polimorfisme)
    Polymorphism adalah kemampuan dari suatu objek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk.
  3. Inheritance (Pewarisan)
    Pewrisan atau inheritance adalah prinsip pewarisan sifat dari induk ke turunan atau anaknya yang diterapkan pada kelas/class.
  4. Encapsulation (Enkapsulasi)
    Encapsulation atau enkapsulasi adalah prinsip penyembunyian detail dari sebuah class terhadap objek yang berinteraksi terhadapnya.

Pengertian OOP

Kesimpulan, yang dimaksud dengan OOP adalah metode pemrograman yang menggunakan objek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program komputer. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan di OOP adalah objek, yang disebut dengan objek itu sendiri adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian oop, semoga bermanfaat. :)

Pengertian OOP : Apa itu OOP Rating: 4.5 Posted By: Yosefa Ferdianto

0 komentar :

Posting Komentar