Cara Membuat WEB, Blogging dan Bahasa Pemrograman

Kamis, 18 April 2013

Tutorial Visual Basic 6.0

Tutorial Visual Basic 6.0 - Visual Basic itu populer sebenarnya karena datang dari lingkungan yang sering disebut Integrated Development Environment (IDE). IDE adalah lingkungan aplikasi untuk membuat, mengembangkan, atau merancang sebuah aplikasi. IDE dapat melakukan pembangunan sebuah aplikasi, menulis sebuah program, dan menghasilkan sebuah executable file. Executable file yang dihasilkan oleh Visual Basic bersifat independen, karena itu file tersebut dapat dijalankan pada komputer tanpa harus menginstall Visual Basic.

Tutorial Visual Basic 6.0

Pemrograman visual merupakan terobosan baru, meskipun VB 6.0 sekarang sudah agak jadul karena sekarang sudah ada versi-versi terbaru dari program/aplikasi Visual Basic. Tetapi masih dapat banyak dimanfaatkan oleh para programmer. Dalam pembuatan aplikasi di Visual Basic 6.0 dapat langsung menggambarkan objek-objek ke layar sebelum dieksekusi. Di dalam lingkungan pengembangan Visual Basic ini, objek yang dibuat akan langsung tampil di layar. Objek yang dibuat itu akan sama hasilnya pada saat program dijalankan. Dengan demikian tidak perlu lagi melakukan pengubahan kode pada project secara manual. Setelah semua objek diletakkan dalam suatu form, maka semua atribut objek tersebut akan disimpan dalam suatu kode program yang dapat langsung dijalankan.

A. Menjalankan IDE
Untuk membuka program Visual Basic 6.0 (yang masih satu paket dalam Microsoft Visual Studio 6.0), ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang diantaranya adalah sebagai berikut. Tetapi, pastikan Anda sudah menginstall program Visual Basic 6.0 sebelum membukanya.

  • Klik Start » Program atau All Programs » Microsoft Visual Studio 6.0 » Microsoft Visual Basic 6.0. Maka layar awal akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

  • Sedangkan jika Anda pengguna Windows 8, untuk membuka program Visual Basic 6.0 cukup meletakkan kursor ke pojok kanan atas, lalu klik "Search", kemudian masukan tulisan "vb" dan klik Microsoft Visual Basic 6.0.

  • Jika Anda sudah membuat short cut pada jendela desktop dan untuk memulainya cukup melakukan double-click pada short cut tersebut.

  • Ketika Visual Basic diinstall, file-file Visual Basic (*.frm, *.bas, *.vbp) didaftarkan pada sistem operasi Windows, karena itu untuk memulai visual basic Anda dapat melakukan double-click pada file-file tersebut.


B. Memilih Tipe Project
Visual Basic menyediakan banyak macam modul aplikasi. Beberapa pilihan yang ada pada kotak dialog New Project adalah sebagai berikut.

  • Standard EXE : membuat aplikasi Visual Basic Standar

  • Active EXE : membuat aplikasi ActiveX

  • Active DLL : membuat library ActiveX

  • ActiveX Control : membuat kontrol ActiveX

  • VB Application Wizard : membuat aplikasi dengan bantuan Wizard

  • VB Wizard Manager : pusat pengelolaan Wizard Visual Basic

  • IIS Application : membuat aplikasi IIS (Internet Information Server)

  • DHTML Application : membuat aplikasi DHTML (Dynamic Hypertext Mark-up Language) untuk internet

Fungsi dari Tab Existing adalh untuk menampilkan aplikasi yang sudah ada, sedangkan funsi dari Tab Recent adalah untuk menampilkan aplikasi yang pernah dibuka terakhir kali.

Untuk memulai program Standar pilihlah Standard EXE, kemudian klik pada tombol Open. Setelah itu akan muncul window Project1 - Microsoft Visual Basic.


Tutorial Visual Basic 6.0

Dengan melihat gambar di atas kita akan mengenal bagian-bagian dari IDE (Intregated Development Environment). Terima kasih Anda sudah membaca artikel mengenai Tutorial Visual Basic 6.0.

Tutorial Visual Basic 6.0 Rating: 4.5 Posted By: Yosefa Ferdianto

0 komentar :

Posting Komentar